Model Baju Pengantin Adat Jawa Modern


Sebelumnya, penulis ucapkan selamat bagi kalian yang tengah mempersiapkan segala sesuatu mengenai pernikahan. Termasuk tentang pemilihan model baju pengantin ya kan?

Dan apakah ledies termasuk wanita jawa yang terkenal dengan adat jawanya yang sanagt mentradisi itu? Jika iya, mungkin kalian akan di tuntut orang tua untuk mengenakan baju adat jawa.

Oh, tak perlu kawatir ledies sebab saat ini baju pengantin dengan nuansa adat telah mendapat inovasi – inovasi dari para desainer. Memang sih, sebenarnya model baju pengantin adat jawa sudah mulai ditinggalkan.
Kini baju pengantin adat jawa telah kalah dengan baju pengantin modern lainya yang mengusung konsep internasional. Namun, perlu ledies ketahui bahwa pernikahan yang dilangsungkan secara tradisional akan lebih menjadi kenangan yang tak terlupakan.

Karena pernikahan dengan adat jawa kaya akan tradisi sebelumnya belum pernah kita alami. Sebut saja seperti mandi kembang bagi mempelai wanita. Hemm, kebayang kan bagaimana sensasi mandi kembang?

Selain mandi kembang, konsep pernikahan adat jawa pun akan lebih mengesankan. Sebab, di setiap baju pernikahan akan diselipi kembang yang akan membuat kita harum. Baik mempelai wanita maupun mempelai laki – laki.

Namanya juga baju pengantin adat jawa, dan pulai jawa memiliki adat istiadat yang berbeda – beda, begitu uga dalam model baju pengantin nya. Di pulau jawa sendiri terbagi menjadi 3 bagian, yakni Jawa Tengah, Jawa Barat Dan Jawa Timur.

Ketiganya mempunyai budaya model baju pengantin yang beraneka ragam dan berbeda – beda. Dan untuk pemilihan model baju pengantin dari waktu ke waktu pun masih tidak berubah dan mempertahankan keasliaanya.

Namun, untuk sekarang baju pengantin adat telah mengalami sedikit inovasi untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Agar kekinian gitu bahasa gawl nya  haha.

Pilihan Baju Pengantn Adat Jawa Modern


Baju Pengantin Adat Jawa Tengah

Jawa Tengah sangat dikenal masyarakat luas akan orangnya yang santun dan mendahulukan tata karma di setiap sisi kehidupan masyarakatnya. Jadi jangan heran jika model baju kebaya pengantin ini memiliki filosifi yang sangat mendalam akan kesopanan, dan keluwesan si pemakainya.


Selain itu terdapat berbagai harapan baik bagi kedua mempelai agar berbahagia dalam mengarungi bahtera kehidupan rumah tangga bersama pasangannya. Corak kain batik yang dikenakan oleh kedua mempelai juga melambangkan banyaknya doa untuk mendapatkan kehidupan yang baik dan tentram bersama pasangan baru.

Baju Pengantin Adat Jawa Barat


Model baju pengantin adat Jawa Barat sebenarnya sudah agak modern, sebab untuk pria telah mengenakan baju tertutup dengan ikat pinggang, kain batik, bendo dan juga keris. Untuk pengantin wanitanya pun telah mengenakan kebaya yang sedikit memiliki ekor yang terkesan lebih modern.

Baju Pengantin Adat Jawa Timur


Untuk modelnya sebenarnya masih mirip – mirip dengan kebaya adat Jawa Tengah. Hanya saja terdapat perbedaan di susunan kebaya nya yang simple dan paduan warnanya yang menggambarkan pribadi tegas kedua mempelai.

Don’t worry ledies, meskipun namanya adat namun anda akan terlihat tetap cantik dan anggun kok. Semoga menjadi pernikahan yang berkesan.

Artikel Terkait